blogger upn

Senin, 12 Juli 2010

Spanyol Juara Dunia di Afrika Selatan


Akhirnya sampai juga Piala Dunia 2010 Afrika Selatan ini pada puncaknya, partai final. Kedua tim yang bertemu di final ini merupakan tim-tim unggulan yang namanya sering didengungkan sebelum Piala Dunia ini bergulir, Belanda dan Spanyol. Keduanya akan bertemu di Stadion Soccer City, Johannesburg untuk mencatatkan sejarah baru dalam Piala Dunia. Sebab, kedua tim belum pernah menjadi juara Piala Dunia.

Babak Pertama
Spanyol tetap memainkan agresifitas permainan mereka seperti yang mereka tunjukkan di pertandingan-pertandingan sebelumnya. Dan itu terbukti baru 4 menit berjalan tandukan Sergio Ramos menyambut umpan Xavi Hernandes sudah membuat pendukung Oranje ketir-ketir. Maarten Stekelenburg tampil menjadi pahlawan dengan penyelamatan gemilangnya menahan tandukan Ramos tersebut.
Belanda juga membuka peluang melalui Dirk Kuyt, ia mencoba menendang dari luar kotak penalti, tapi tendangannya masih tepat dalam dekapan Iker Casillas.
Menit 10 Spanyol melalui Sergio Ramos mengancam gawang Belanda lagi, penetrasi yang ia lakukan ia akhiri dengan tendangan keras ke gawang, namun tendangannya tersebut masih bisa diblok pemain Belanda. Dua menit kemudian giliran David Villa yang mengancam, tapi tendangan volleynya masih melebar di gawang Belanda.
Pertandingan ini berlangsung keras, sampai menit 30 saja sudah tercatat wasit Webb asal Inggris terpaksa mengeluarkan 4 kartu kuning. Masing masing untuk Robin van Persie (15), Carles Puyol (17), Mark van Bommel (22), Sergio Ramos (23) dan Nigel De Jong (28). Tendangan keras Wesley Sneijder saat mengeksekusi set piece karena pelanggaran yang dilakukan oleh Carlos Puyol di menit ke 17 tadi menyisir deras ke gawang Spanyol, namun masih bisa di tangkap dengan baik oleh Casillas.
Memasuki menit ke 33 terjadi kejadian menarik, tendangan bola fair play dari tengah lapangan yang dilakukan pemain Belanda gagal diantisipasi oleh Casillas dan menyebabkan tendangan sudut. Pemain Belanda pun memberikan tendangan sudut ke arah Casillas, dengan maksud meneruskan bola fair play tadi.
Memasuki penghujung babak pertama, Robben mencoba melakukan tendangan spesialnya ke arah kiri gawang Spanyol. Penyelamatan gemilang Casillas mengurungkan bola itu masuk ke gawang Spanyol. Hingga babak pertama usai belum ada gol yang tercipta 0-0.
Berikut statistik untuk babak pertama.




Belanda vs Spanyol
shots on target : 3 - 1
shots off target : 0 - 3
possession (%) : 44 - 56
corner kicks : 4 - 1
offsides : 2 - 4
fouls : 12 - 8
yellow cards : 3 - 2
red cards : 0 - 0
Babak Kedua
Kedua tim sama-sama mencoba membuka peluang. Robben mencoba tendangan menyisir tanah dari luar kotak penalti, Casillas lebih sigap mengantisipasi tendangan di menit 51 itu. Dua pemain Belanda dihadiahi kartu kuning di menit ke 54 dan 57, yaitu Giovanni v. Bronckhorst dan Johnny Heitinga atas ulah mereka dalam menghadang pemain Spanyol.
La Roja berusaha memasukkan darah segar dengan menarik keluar Pedro Rodriguez dan memasukkan Jesus Navas di menit 59. Semenit kemudian umpan terobosan Sneijder kepada Robben, Robben yang lepas dari jebakan offside tinggal berhadapan dengan Casillas. Namun sayang tendangannya masih membentur kaki kiper Real Madrid tersebut.
Kedua tim tetap saling serang untuk mencetak gol. Spanyol melalui Navas mengirim bola ke kotak penalti Belanda. Heitinga yang mencoba menghalau sedikit terpeleset, bola pun jatuh ke Villa yang langsung menyambar bola tersebut. Bola gagal masuk karena Heitinga berhasil memblok bola tersebut untuk menebus kesalahannya.
Di menit ke 71 Belanda menarik keluar Dirk Kuyt yang terlihat kelelahan dan menggantinya dengan Eljero Elia. Sesaat kemudian malah Spanyol yang mendapatkan peluang emas, jika saja tandukan Sergio Ramos yang untuk kedua kalinya ini tidak melebar, mungkin kedudukan akan berubah. Robben mendapatkan kartu kuning di menit ke 84 atas protes kerasnya terhadap wasit.
Cesc Fabregas dimasukkan oleh Del Bosque di menit 85 untuk menggantikan Xabi Alonso dengan harapan akan memberi perubahan di lini tengah Spanyol. Namun sampai babak kedua usai skor tetap 0-0 untuk kedua tim.
Perpanjangan Waktu Babak Pertama
Ravael van der Vaart masuk di menit 99, de Jong keluar. Hal ini demi menambah daya serang lini tengah Belanda. Spanyol mendapatkan 2 peluang beruntun melalui Iniesta dan Navas di menit ke 99 dan 100, tapi berkat kesigapan bek Belanda gol pun urung tercipta.
Perpanjangan Waktu Babak Kedua
Fernando Torres dimasukkan untuk menggantikan David Villa. Di menit 109 Spanyol mendapatkan peluang melalui Iniesta, usahanya dihentikan oleh Heitinga. Heitinga pun terpaksa dikartu merah oleh wasit karena sudah mengantongi kartu kuning sebelumnya. Belanda dalam tekanan karena harus bermain dengan 10 orang.
Unggul jumlah pemain, Spanyol terus memborbardir pertahanan Belanda. Melalui kaki Andres Iniesta mereka berhasil mencetak gol di menit 116. Spanyol jadi juara untuk pertama kalinya di tanah Afrika.  

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management