Kamis, 22 Desember 2011

Pemrogaman Sistem Informasi Perpustakaan (Rancangan CDM dan PDM)


PEMROGAMAN SISTEM INFORMASI
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN



Oleh :
Aris Aprianto ( 0835010074 )

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI – FTI
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JATIM
2010

I.                  LATAR BELAKANG

                Perpustakaan adalah sebuah ruang dimana di dalamnya terdapat banyak buku yang disusun berdasarkan sistem tertentu untuk digunakan sebagai media dalam mencari ilmu dan wawasan bagi semua orang. Dengan semakin b erkembangnya kegiatan dan inventaris suatu buku pada sebuah perpustakaan serta semakin bertambahnya anggota, maka diperlukan suatu sistem informasi yang dapat menampung semua informasi mengenai data -data tersebut secara cepat. Sistem Informasi Perpustakaan berasal dari pemikiran dasar bagaimana cara kita mengotomatisasi berbagai proses dalam suatu Perpustakaan. SIPERPUS atau sistem informasi perpustakaan adalah sebuah sistem yang terpadu untuk menyediakan informasi guna mendukung kinerja perpustakaan seperti operasi, manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan. Sistem Informasi Perpustakaan (SIPERPUS) merupakan software atau perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mempermudah proses pendataan koleksi perpustakaan, katalog, data anggota /peminjam, transaksi dan sirkulasi koleksi perpustakaan.

II.                TUJUAN

                Untuk memudahkan para pengguna dalam mencari bahan pustaka dibutuhkan sebuah system informasi perpustakaan yang baik untuk kemudahan dalam pelayanan. Dalam pembuatan sistem ini digunakan dua sistem pelayanan terhadap pengguna perpustakaan yaitu sistem pelayanan terbuka dan sistem pelayanan tertutup. S istem pelayanan terbuka, pengguna dapat masuk ke ruang penyimpanankoleksi untuk mencari dan menemukan sendiri bahan pustaka yang di butuhkan. Sedangkan system pelayanan tertutup, pengguna harus minta bantuan petugas untuk mencari bahan pustaka yang diperlukan. Dengan menggunakan kedua s istem pelayanan tersebut dapat memberikan keleluasaan terhadap para pengguna untuk mencari bahan pustaka yang dibutuhkan dengan bebas dan cepat. Pengguna juga dapat mencari informasi buku yang diing inkan dengan menyebutkan judul dan pengarang ke petugas apabila tidak dapat menemukan pada rak buku yang ada.

III.             RUANG LINGKUP

Sistem informasi ini dipergunakan bagi para anggota perpustakaan untuk mencari bahan pustaka yang dibutuhkan dengan cepat, bebas dan leluasa.

IV.             FUNCTIONALITY

1.         Peminjam adalah harus anggota perpustakaan yang telah terdaftar yang berhak meminjam             buku.
2.         Operator adalah user yang sehari - harinya melakukan pencatatan proses yang terjadi         pada perpustaaan. Hak-hak operator adalah melakukan pencatatan transaksi     pendaftaran, peminjaman, pengembalian dan permintaan buku.
3.         Pengelola adalah user yang memiliki hak penuh atas sistem. Pengelola berhak atas penggajian pegawai, pembelian buku dan perawatan.
4.         Pada waktu pendaftaran anggota perpustakaan, harus dilakukan beberapa prosedur            pengisian data anggota secara lengkap dan benar.
5.         Setiap ada transaksi dalam pendaftaran harus disimpan di dalam system.
6.         Setelah proses pendaftaran selesai, anggota dapat melakukan foto dan mengambil kartu    anggota perpustakaan sekaligus.
7.         Harus ada catalog buku agar anggota lebih mudah dalam mencari buku -buku yang            dibutuhkan.
8.         Dalam transaksi peminjaman buku terdapat banyak prosedur pemeriksaan terhadap            anggota yang akan meminjam dan buku yang dipinjam.
9.         Setiap anggota yang memin jam buku tidak boleh meminjam lagi selama buku belum         dikembalikan.
10.       Banyak buku yang dipinjam oleh anggota harus tidak lebih dari tiga buku.
11.       System harus dapat mengecek apakah anggota telah pinjam atau belum dan buku juga       telah dipinjam atau belum.
12.       Setiap terjadi transaksi peminjaman dan pengembalian buku, system akan merubah status
            anggota dan buku yang dipinjam secara otomatis.
13.       Setelah melakukan transaksi peminjaman, anggota akan mendapatkan bukti peminjaman
            berupa kuitansi peminjaman.
14.       Sistem memberikan tenggang waktu secara otomatis untuk mengatasi lamanya       peminjaman.
15.       Apabila ada anggota yang mengembalikan buku tidak tepat pada waktunya, maka system             secara otomatis akan memberikan sanksi berupa uang denda sebanyak hari setelah jatuh   tempo pengembalian.

CDM SYSTEM

PDM SYSTEM


Semoga bisa membantu sobat sebagai referensi dalam mengerjakan tugas maupun belajar...
mudah mudahan bisa bermanfaat bagi semua..
salam blogger..

4 komentar:

Nur Cahyo WIbowo mengatakan...

sedikit koreksi, mas aris :)
1. dlm konsep rdbms yg saya pahami, sangat tidak dianjurkan ada dua tabel atau lebih yg menyimpan informasi yg sama. di erd di atas muncul atribut judul di tabel buku dan daftar buku. mestinya cukup 1 sj di tabel buku.
2. relasi buku-daftar buku apa tdk terbalik? one di buku, many di daftar buku dlm konteks master-detail. maksudnya 1 judul buku bisa digandakan lebih banyak utk dipinjam anggota.
3. atribut tahun terbit lebih baik menempel di tabel buku.
4. utk menangani pengembalian buku alangkah lebih baiknya ditambah atribut status atau tanggal kembali.

sementara itu dulu dan terima kasih sebelumnya. keep sharing :)

arisaprianto mengatakan...

sebelumnya terima kasih banyak pak atas koreksi yang bapak berikan..
kalau boleh share, untuk yang no.4 di aplikasi sudah saya beri status dengan inisial : angka 1 (apabila dipinjam) angka 0 (apabila ada/sudah dikembalikan)
mudah - mudahan saya bisa memperbaikinya lebih sempurna lagi pak..terima kasih..kepp komen n sharing :)

Mohammad Rofiuddin mengatakan...

ijin nyimak aj Gaan...sungkan Kalau sudah Masternya yang bicara...heheheheh@Pak Cahyo....

arisaprianto mengatakan...

gpp gan...kan kita sama sama masih belajar, jadi kalau ada yang salah masih wajar, intinya mau berusaha untuk bisa dan benar..

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management