blogger upn

Rabu, 30 November 2011

USER GAPTEK


Apabila kita memperhatikan perkembangan teknologi telekomunikasi dan informasi saat ini, maka hampir dapat dipastikan perkembanganya sangat pesat dan sangat signifikan. Adapun dengan perkembangan arus informasi yang meningkat, kebutuhan teknologi informasi sangat penting sebagai faktor utama sumber persaingan di dalam bidang apapun, khususnya di dunia kerja. Dalam hal ini peranan komputer diperlukan dalam membantu melaksanakan aktivitas – aktivitas tersebut, dan user dituntut untuk bisa menggunakan alat bantu tersebut sebagai media untuk kelangsungan aktivitas – aktivitas yang dikerjakanya. Dengan komputerisasi dapat mendukung semua kegiatan maupun aktivitas yang dilakukan oleh manusia.
Walaupun teknologi itu sudah sebegitu banyaknya dan semakin berkembang dengan pesat dan sangat signifikan yang berdampak pada kehidupan kita, tetapi seringkali banyak dijumpai, jaman sekarang ini masih banyak orang-orang yang ketika berhadapan dengan teknologi, mereka masih gaptek atau gagap teknologi, dengan kata lain tidak paham tentang bagaimana memfungsikan teknologi tersebut dalam kehidupannya sehari hari.
Dengan kondisi seperti ini, banyaknya orang yang tidak tahu menggunakan media teknologi informasi, menjadikan sebuah tantangan dan menimbulkan banyak ide – ide yang bermunculan bagi para pencipta maupun perusahaan – perusahaan untuk membuat dan menciptakan teknologi tepat guna dengan tetap adanya sentuhan teknologi dalam membuatnya. Untuk menciptakan sebuah teknologi yang dipakai untuk orang – orang gaptek akan mudah digunakan tanpa sulit untuk beradaptasi dengan teknologi yang digunakan tersebut.
Yang perlu diperhatikan bagi para pencipta dalam membuat teknologi yang dikhususkan bagi orang – orang yang gaptek, paling tidak yang harus benar – benar dipahami terlebih dahulu atau secara mendasar yaitu harus memahami kebutuhan apa yang sangat diperlukan dalam masyarakat, setelah itu yang terpenting adalah saat menciptakan teknologi tersebut, adalah harus memposisikan diri sebagai user atau pengguna, kemudian juga cara pola berfikir mereka serta kemampuan pengguna dalam memahami teknologi itu seperti apa dan bagaimana menggunakanya.
Sekarang banyak kita melihat produk – produk media teknologi dan komunikasi mengusung konsep user friendly (mudah digunakan oleh pengguna) misalnya, alat telekomunikasi seperti handphone dengan tipe – tipe terbaru fitur – fiturnya sangat mudah dipahami bagi para penggunanya tanpa belajar lebih lama. Contoh seperti ini adalah salah satu hasil yang telah diciptakan oleh para pencipta maupun perusahaan – perusahaan di bidang teknologi informasi yang mempunyai ide – ide mutakhir untuk membuatnya, dengan tujuan guna membantu banyak orang – orang yang tidak tahu menggunakan teknologi atau gaptek (gagap teknologi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management